Skip to content

Profil Singkat


بسم الله الرحمن الرحيم

Secara administrasi pemerintahan, Pesantren Al-Ma’tuq berada di wilayah Kabupaten Sukabumi, tetapi secara geografis lebih dekat ke pusat Kota Sukabumi. Jarak antara Pesantren Al-Ma’tuq dengan pusat Kota Sukabumi adalah +7 km, sedangkan dengan pusat Kabupaten Sukabumi berjarak sekitar 70 km. Dengan kondisi seperti itu, Pesantren sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi, baik dari arah Bogor dan Jakarta maupun dari arah Cianjur dan Bandung.

Pesantren Al-Ma’tuq juga memiliki letak geografis yang strategis di kaki gunung Gede dan berada di lintasan rekreasi bukit dan danau situgunung, berhadapan dengan suasana kehidupan dinamis di segitiga Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Dengan suasana desa yang asri dan udara yang sejuk, dan latar belakang pesawahan yang terhampar sejauh mata memandang, merupakan suasana yang sangat kondusif dan sangat mendukung untuk para santri berkonsentrasi menuntut ilmu.

Di awal masa pendiriannya, Pesantren Al-Ma’tuq yang merupakan lembaga sosial di bawah binaan Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, yang menampung anak-anak yatim dari berbagai daerah di Indonesia. Diresmikan pada tanggal 2 Dzul-Qa’dah 1417 H / 11 Maret 1997 M, oleh Bupati Sukabumi dan Duta Besar Kuwait untuk Indonesia pada saat itu. Dalam perkembangan selanjutnya Pesantren Al-Ma’tuq menyelenggarakan pendidikan sendiri, dan masih dikhususkan untuk anak-anak yatim. Baru pada tahun ajaran 2007-2008 dimulai penerimaan santri-santri non yatim.

%d blogger menyukai ini: